Lebih Dekat dengan AutumnPixels

Secara keseluruhan, fokus kerja Autumn Pixels terbagi menjadi tiga bagian: translationproofreading, dan graphic design. Adapun penjelasan singkat mengenai ketiga hal tersebut, adalah sebagai berikut:
 
Translation
Apa yang dimaksud dengan ‘translation‘? Translation atau terjemahan adalah sebuah proses pengalihan bahasa dari bahasa sumber (source languange/ L1) ke bahasa target (target language/L2).
Dengan adanya kemajuan perkembangan dan inovasi teknologi, masihkah relevan untuk bergantung pada hasil pengerjaan penerjemahan orang per orang?
Jawabannya masih. Dari beragam translation tools yang ada saat ini, contohnya seperti Google Translate atau Bing, faktor human resource atau sumber daya manusia tetaplah penting untuk memeriksa hasil akhir sebuah penerjemahan.
Dalam sebuah proses penerjemahan kemampuan mengenali bahasa pertama dan bahasa kedua tidaklah cukup. Ada faktor- faktor lain yang juga turut menunjang bagus tidaknya sebuah hasil terjemahan, contohnya: budaya, latar belakang pengetahuan penerjemah, dan lain sebagainya.
Proofreading
AutumnPixels menyediakan dua macam jasa proofreading: Proofreading dan Advanced Proofreading. Untuk bentuk penawaran proofreading atau koreksi, tim AutumnPixels menawarkan jasa koreksi dokumen dalam bentuk jadi (berbahasa Inggris maupun berbahasa Indonesia) dari segi mekanik: tata bahasa, diksi, logika kalimat, koherensi antar kalimat, dll. Apa yang membedakan antara Proofreading dan Advanced Proofreading? Advanced Proofreading memberi kesempatan kepada customer untuk mendapatkan hasil koreksi yang lebih optimal dari segi isi atau content. Untuk saat ini, layanan jasa Advanced Proofreading masih terbatas bagi mahasiswa jurusan English Literature (Sastra Inggris) atau English Language Teaching (Pendidikan Bahasa Inggris) saja (jenjang S1 maupun S2). Tim AutumnPixels dapat memberikan masukan sesuai dengan fokus dan topik bahasan dokumen (skripsi, tesis, paper, jurnal, dll) milik customer.
Contoh:
Jenjang pendidikan: S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Topik tesis               : textbook evaluation
Tim AutumnPixels bisa memberikan arahan untuk mempersempit topik tersebut menjadi ESP Textbook Evaluation (Mechanical Engineering Textbook Evaluation) menggunakan checklist yang dikembangkan dari Tomlinson Model atau dari Daoud dan Celce-Murcia Model.
Graphic Design
AutumnPixels menawarkan jasa pembuatan desain berdasarkan brief dari customer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s